-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Jenis - Jenis Virus Komputer Lengkap !


Jenis - Jenis Virus Komputer Lengkap !
Jenis - Jenis Virus Komputer Lengkap !

Virus merupakan perangkat lunak atau software yang sangat merugikan kita. Karena melalui virus ini, data kita bisa rusak dan bahkan bisa kehilangan banyak data yang penting. Namun tidak semua virus melakukan hal tersebut. Ada juga virus yang memiliki tujuan untuk mencuri akun Anda. Ada juga virus yang membuat hardisk Anda menjadi penuh.

Nah, jadi sebenarnya virus ini memiliki jenis yang bermacam-macam, oleh karena itu yuk kita pelajari satu per satu apa saja sih jenis virus itu sehingga kita tidak dikatakan orang GAPTEK.

Jenis-Jenis Virus

1. Overwrite Viruses

Pengertian : Virus komputer yang mampu untuk menghapus file atau menginfeksi sebuah file tanpa mengubah ukuran file tersebut. Sehingga kita tidak akan bisa membukanya.
Contoh : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D, dll

2. Boot Sector Virus

Pengertian : Virus ini akan menginfeksi dibagian sector boot pada hardisk. Sehingga apabila Anda tiba-tiba tidak bisa boot, maka ada kemungkinan komputer Anda terkena virus Boot Sector.
Contoh :  Polyboot, ANTIEXE

3. Memory Resident Virus

Pengertian : Virus ini tersembunyi di RAM dan dapat menginfeksi program yang sedang berjalan, ditutup, atau perlakuan lain terhadap program tersebut.
Contoh : Meve, Mrklunky, CMJ, Randex

4. Directory Virus

Pengertian :  Virus ini sangatlah jahat ! Karena cara kerja virus ini dapat mengubah lokasi sebuah program dan menggantinya dengan lokasi virus. Misalnya, kita sedang membuka program A, tanpa kita sadari sebenarnya kita sedang membuka VIRUS ! Karena program A suda dipindahkan oleh virus sehingga kita malah menjalankan virus tersebut.
Contoh : Virus DIR-2

5. Polymorphic Virus

Pengertian : Virus ini memiliki cara kerja mengenkripsi dan menyandikan diri sendiri. Hal tersebut berfungsi gara virus tersebut tidak dikenali oleh antivirus, sehingga virus dapat berkembang dengan cepat.
Contoh : Virut, Sality,dll

6. FAT Virus

Pengertian : Virus ini bekerja dengan cara merusak FAT dari hardisk kita. FAT adalah bagian hardisk yang berisi informasi mengenai semua data yang ada di hardisk kita. Apabila FAT sudah terinfeksi, maka hardisk tidak bisa membaca informasi dengan benar yang menyebabkan kita tidak bisa membuka directory tertentu.
Contoh : LInk Virus


7. Web Scripting Virus

Pengertian : Virus yang bersembunyi di script pada website yang menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya menjadi lag atau semacamnya.
Contoh : JS.Fortnight

8. Worms

Pengertian : Worm bekerja dengan cara menggandakan diri sendiri dan membuat disk menjadi penuh. Apabila disk sudah penuh, maka hardisk akan menjadi lambat dan performa komputer Anda pun juga akan menurun drastis
Contoh : Trile C, Sobid.D, Mapson

9. Trojans

Pengertian : Trojan adalah sebuah virus yang hampir sama dengan worm. Namun Trojan ini selalu menyamar sebagai program yang berguna. Jadi Apabila Anda menginstall program, berhati-hatilah, sebaiknya cek program tersebut dengan antivirus dulu.
Trojan dibagi menjadi 2 yaitu
- DOS Trojan
Trojan horse yang berjalan melalui DOS dan dapat membuat komputer menjadi lambat. Bahkan trojan ini juga mampu menghapus file-file ada kondisi tertentu.
- Windows Trojan Horse
Trojan horse yang satu ini berguna untuk serangan hacking terhadap target komputer. Apabila Anda terkena trojan yang stau ini, Anda harap waspada, karena kemungkinan besar akun Anda akan dicuri !

10. Companion Virus

Pengertian : Virus ini akan membuat program yang hampir sama dengan program yang kita miliki. Perbedaannya hanyalah ekstensinya saja. Apabila program yang ada di komputer kita berektensi .exe, namun di virus ini akan berubah menjadi .com. Tapi file .com ini sebenarnya virus. Sehingga saat dieksekusi maka prioritas .com akan lebih tinggi dari .exe, sehingga .com lah yang akan dieksekusi. Otomatis virus tersebut dieksekusi dan akan merusak sistem Anda.
Contoh : Stator, Asimov, dll

11. Direct Action Viruses

Pengertian : Virus ini akan berjalan apabila memenuhi kondisi tertentu (tergantung pada virusnya). Virus ini bekerja dengan menginfeksi file-file dalam komputer Anda. File-file tersebut sudah ditentukan didalam patch file AUTOEXEC.BAT. file AUTOEXEC ini juga selalu berjalan saat booting komputer.
Contoh : Vienna virus

12. Macro Virus

Pengertian : Macro virus adalah virus yang menginfeksi file-file yang berisi macro seperti doc, XLS, PPS, dan lain-lain. Jadi apabila Anda tiba-tiba tidak bisa membuka file ms word Anda, maka kemungkinan Anda terkena virus macro.
Contoh : Melissa.A, bablas, dll


13. Multipartite Virus

Pengertian : Virus ini akan menginfeksi file-file dalam hardisk Anda sehingga biasanya program-program Anda tidak bisa dibuka. Namun virus ini sebenarnya bersembunyi di dalam memory dulu baru menginfeksi ke bagian hardisk.
Contoh : VIRUS FLIP, TEQUILA,dll

INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment