-->
KOMPUTER67
Lebih dari sekedar belajar !

Rahasia Menjadi Startup Yang Berhasil 100%



Banyak sekali startup2 yang ternyata akhirnya gagal. Taukah kamu apa penyebabnya ? Tentu bermacam-macam. Namun Sekarang kita fokus bagaimana jika kita ingin membuat startup yang sungguh-sungguh bisa berkembang dan berhasil.

Sebelum Memulai Startup Pikirkan Hal Ini

1. Apakah Ide Startupmu Benar-Benar Berguna ?

Sebelum memulai startup, pikirkan dahulu apakah startup yang kamu bangun itu benar-benar berguna atau tidak.

Contoh simple, ada orang yang mau membuat perusahaan antivirus. Apakah itu akan berhasil ? Hmm, menurut komputer67, itu hanya akan berhasil dengan kemungkinan yang cukup kecil. Mengapa ? Jelas karena sudah banyak sekali antivirus yang beredar sekarang. Dan taukah kamu windows saja masih bisa dibobol kan ? Apalagi software sejenis antivirus.
Tapi jangan salah, apabila orang tersebut mampu membuat antivirus yang tahan crack dan benar-benar menangkal virus dan melindungi komputer beserta file-filenya. Atau antivirus tersebut mampu menghadirkan fitur yang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya.

Nah, hal-hal semacam itulah yang harus kita perhatikan ! Jangan asal buat dengan semangat sekali, namun sampai di tengah jalan baru deh sadar..! Terkadang kita memang terlalu berambisi membuat sesuatu walaupun sesuatu tersebut sebenarnya sudah ada banyak sekali di internet. Namun oke-oke aja kalau Anda bisa mengembangkannya hingga benar-benar mengalahkan semuanya.

Contoh yang bisa kita lihat secara nyata adalah google dan yahoo. Mengapa yahoo akhirnya gagal ? Padahal google dan yahoo itu lebih duluan yahoo lho. Tapi mengapa google saat membuat startup bisa mengalahkan yahoo sampai sedemikian rupa ?

Itu semua karena kesalahan yahoo yang hanya memperhatikan uang, uang, dan uang ! Tidak seperti google, Google benar-benar memperhatikan apa yang dibutuhkan semua orang. Setelah mesin pencari google jadi, maka munculah produk-produk lain yang memang sangat berguna untuk semua orang, contohnya gmail, google map, google doc, dan sangat banyak lain. Bahkan pengiklanan di google pun sudah jauh lebih modern daripada yahoo.

Maka dari itu, pikirkan kegunaan dari produk Anda bukan untuk mencari uang saja !


2. Atur Keuangan Dengan Benar !

Nah ini adalah salah satu penyebab GAGALnya suatu startup! Mengapa ? Karena kebanyakan dari kita bahwa jika ingin membuat startup, lalu mendapatkan kucuran dana dari berbagai pihak, maka kita akan bersenang-senang dan akan menghabiskan uang tersebut hanya untuk mendapatkan pelanggan. Betul ?

Padahal kita tahu bahwa saingan itu begitu ketatnya, dan pelanggan juga memiliki pikiran yang cerdas dimana mereka akan tau mana produk yang terbaik. Maka dari itu hati-hati jangan hanya fokus untuk mencari pelanggan, namun yang terpenting adalah pikirkan untuk mengalahkan saingan-saingan kita dengan memperbaiki produk kita. Jika itu sudah dirasa cukup barulah cari pelanggan sebanyak-banyaknya dengan uang tadi.

Hampir sama seperti nomor 1, jangan terlalu bersenang-senang apabila sudah mempunyai dana yang cukup besar, maupun penghasilan yang cukup besar. Namun aturlah semua uang itu untuk perkembangan dan fitur-fitur lain yang benar-benar bermanfaat untuk semua orang.

3. Pastikan Kamu Lebih Hebat Dari Kompetitormu !


Ini adalah hal yang sangat penting sebenarnya. Ilustrasinya seperti ini. Yang kita tahu itu hanya ada 2 email yaitu GMAIL dan YAHOOmail. Nah sekarang kita juga tau kalau yahoo itu mungkin belum sehebat gmail, dimana jika kita punya gmail maka kita akan diberikan berbagai fasilitas seperti google drive yang bisa disinkronasi dengan android, google docs dimana kita tak perlu install ms word, google sheet, google slide, google map, dan lain-lain. Selain itu google juga lebih dibutuhkan apabila kita menggunakan android.

Dari ilustrasi tersebut, apakah kita memilih gmail atau yahoo ? Ya jelas gmail. Maka dari itu sebelum marketing, kita harus benar-benar memperhatikan kualitas dari produk kita agar saat marketing, itu benar-benar memberikan dampak yang besar atau tidak.

Karena apabila kita sudah memasarkan produk kita padahal produk kita masih belum sempurna sama sekali, maka itu adalah kesalahan yang sangat fatal ! Mengapa fatal ? Karena orang-orang sudah beranggapan bahwa produk Anda itu bukan produk yang baik. Dan apabila itu sudah masuk dalam benak orang-orang, maka tidak mudah untuk mengeluarkan pikiran negatif pada orang tersebut.

Sehingga bandingkanlah produk Anda dengan produk yang lain apakah benar-benar sudah matang dan sempurna bahkan sangat bermanfaat bagi orang lain atau tidak. Apabila memang sudah, maka produk Anda siap Anda pasarkan !

4. Jangan Berhenti Untuk Mengembangkan Bisnismu !

Saat ini memang orang lebih suka hal-hal yang baru. Maka dari itu kita memang wajib mengembangkan bisnis kita dengan ide-ide yang belum pernah ada. Contoh saja lah, facebook akhir-akhir ini juga memberikan berbagai fitur yang baru seperti contoh saja live video, notifikasi yang menyerupai chat, dll. Contoh lain seperti instagram yang mempunyai fitur boomerang, live video, dll. Nah hal-hal semacam ini memang harus terus dikembangkan sampai kapanpun juga.

Lalu bagaimana jika tidak ? Ini akan menjadi TITIK KEGAGALANMU ! Kita lihat yahoo yang dengan sombongnya setelah mendapatkan uang yang banyak, mereka tidak mau ditawarkan hal-hal yang membangun perusahaannya. Seperti pada saat itu Yahoo ditawarkan sebuah algoritma "revenue loop" untuk menyaring hasil-hasil produk belanja yang ternyata google juga sudah memakai algoritma serupa dengan ini.

Bisnis memang harus terus berkembang, apapun keadaanya dan situasinya, tetaplah terus berkembang, karena itulah kunci kesuksesan.

5. Perhatikan Ada Banyak Serangan-Serangan Dari Luar !


Saat kita sudah menjadi sukses, tentu PASTI banyak sekali serangan-serangan dari luar seperti salah satunya adalah hacker. Beberapa tahun yang lalu google saja pernah di hack. Facebook juga pernah, BCA juga pernah. Hal tersebut sangat-sangat-sangat-sangat meresahkan ! Kita sangat dirugikan. Nah lalu solusinya ?

Ya kita mau tidak mau harus mempelajari bagaimana si hacker bisa membobol keamanan kita. Jadi kita harus terus memperbaiki celah-celah yang ada di produk kita. Itu memang harus dilakukan sepanjang bisnis kita berjalan.

Karena hacker tidak akan pernah berhenti, sedangkan programmer juga tidak akan pernah berhenti untuk terus berkembang. Apabila Anda mencoba meyakinkan bahwa produk Anda bebas dari hacker, itu adalah kesalahan besar. Anda sebaiknya mencari seoarng haker yang bisa dipercaya untuk mengamankan bisnis Anda.

Karena apabila sudah dihack, itu akan sangat-sangat menurunkan kepercayaan masyarakat kepada produk Anda. Maka dari itu, keamanan sangatlah penting ! Jangan sepelekan hal tersebut !


6. Anda Menyerah ? Artinya Anda LEMAH !

Kata menyerah sebenarnya itu adalah kegagalan Anda sendiri.. Apabila Anda mengalami kegagalan yang hebat, tak perlu kawatir, buat solusinya ! Dan bangun kembali bisnis Anda ! Jangan seperti orang-orang lemah yang sedikit-sedikit menyerah. Di dalam usaha apapun pasti ya jelas pernah gagal. Tak usah jauh-jauh, saya selaku admin komputer67 pun juga sering gagal. Namun teruslah berusaha untuk membuat bisnismu berhasil !

Kegagalan kami sebenarnya juga simpel sih, namun cukup baik untuk diambil hikmahnya. Komputer67 ini awalnya belum memiliki pengunjung yang cukup banyak. Namun saya tetap terus berjuang ngepost-ngepost hal-hal yang menarik dan berguna bagi pembaca. Tapi hasilnya, pengunjung per hari tetap tidak naik. Lalu sempat saya tidak lagi mengurus blog ini.

Namun akhirnya, saya terus berjuang untuk membuat blog ini sukses bahkan masuk ke SEO google. Rasanya memang terlalu menggebu-nggebu, namun sekarang tidak lagi mustahil. Banyak sekali postingan di blog ini yang sudah masuk di nomor 1 google. Dan saya sendiri justru semakin mengerti kunci sebuah blog agar bisa SEO dan masuk google yang sebenarnya jarang sekali orang tau. (mungkin kapan-kapan bisa saya ajarkan kalau ada waktu).

Dari situ masih belum puas, karena belum ada iklan. Saya coba pasang iklan popads, popcash, revenuehits, namun semuanya penghasilannya tidak bisa menghidupi saya. Akhir-akhirnya saya memang harus masuk ke google adsense, namun saat mengajukan google adsense pun juga ditolak. Dan akhir cerita, akhirnya diterima dengan penuh usaha, walaupun sedikit namun juga sudah seneng.

Tak cuman itu, banyak sekali kisah-kisah startup yang pasti dan selalu ada cerita kegagalannya. Seperti google, microsoft, apple, semua pasti pernah GAGAL ! Namun disitulah Anda akan memulai kesuksesan Anda.

7. Perhatikan Keinginan Pengguna!

Saya sebagai admin komputer67 ini ternyata sangat miris melihat berbagai startup yang sangat membanggakan kantornya. Mereka berkata 'kita sudah mempunyai banyak sekali karyawan yang bekerja disini. Yang dulunya hanya sekian, sekarang menjadi sekian banyaknya'. Hmmm saya pikir-pikir apa sih gunanya memamerkan jumlah karyawan. Dan itu tidak patut dicontoh.

Sebaiknya kita lebih fokus kepada keinginan pengguna kita. Nih saya kasih contoh real, kita tau ms word ? Itu harus bayar kan ? ada lisensinya. Banyak sekali orang yang terjebak disitu. Nah ditengah-tengah ms word yang harus mempunyai lisensi dan membayar, ehhh si google bikin google docs. Dimana fungsinya sama persis dengan ms word (walaupun beda sedikitt). Dan filenya bisa disimpan menjadi .docx. Dan keistimewaan lainnya, google docs bisa digunakan langsung oleh banyak sekaligus. Nah ini baru yang dimaksudkan disini.

Kita memang harus selalu mencari apa keinginan pengguna yang belum terealisasikan.

Salah Satu Kunci Google Dalam Membangun Startup

Google fokus kepada apa masalah yang belum terselesaikan. Google sendiri tidak pernah terlintas dalam pikirannya jika ingin membuat perusahaan, namun mereka tetap fokus kepada masalah yang saat itu dialami. Dan google lah menjadi solusi atas masalah tersebut. Berkembang dari situ, maka sukseslah google saat ini dan perusahaanya sangat berkembang dengan pesat !

Bahkan hingga saat ini pun kita juga bisa merasakan kehebatan dari Google. Contoh aja, dahulu kita kalo ingin berpergian tentu bawa peta. Namun dengan kepintaran si Google, sekarang si Google bikin google map yang bisa diakses darimana saja bahkan dilengkapi dengan GPS dan disinkronasi dengan Android kita. Tak cuman itu, sekarang juga sudah ada google street view yang benar-benar membantu kita dalam mencari lokasi di map.

Jadi intinya hanya satu kuncinya, jangan fokus pada uang-uang saja, namun fokuslah pada masalah yang sedang dihadapi masyarakat saat ini.




Di Akhir kata, komputer67 menyediakan sedikit ide-ide bagi kamu yang masih memikirkan startup.


Dan ada tambahan, bagi kamu sedang belajar web atau ingin menjadi startup dibidang web, Anda bisa membaca artikel menarik ini


Semoga sukses selalu... :D



INGIN LIVE CHAT ? INGIN TANYA JAWAB GRATIS ? YUK LANGSUNG SAJA CHAT DENGAN KAMI DI FANSPAGE KOMPUTER67

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment